Saturday, January 24, 2015

ELEMEN DALAM SISTEMKOMPUTER



SISTEM OPERASI merupakan perangkat lunak atau disebut juga sebagai software dimana pada lapisan pertama diletakan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan megawasi penggunaan perangkat keras dalam berbagai program aplikasi. Selain itu sistem operasi juga berfungsi sebagai program pengendali dengan tujuan untuk menghindari kekeliruan dan pengguna komputer yang tidak perlu.
Apabila hardware dan software komputer telah tercipta, kemudian brainware (user) tidak dapat mengoperasikannya, maka komputer tersebut disebut sebagai mesin yang tidak memiliki fungsi. Jadi, Brainware atau pengguna atau user merupakan salah satu elemen penting untuk mengoperasikan komputer agar terciptanya komputer yang memiliki fungsionalitas yang dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi para pengguna.
Maka, dengan adanya 3 elemen tersebut yaitu hardware sebagai pendukung komputerisasi, software sebagai pendukung pada program-program yang ada dikomputer, dan brainware sebagai pengguna dan juga pelengkap, dapat membentuk alur terbentuknya Sistem Operasi.

ELEMEN-ELEMEN DALAM SISTEM KOMPUTER:

·         HARDWARE (perangkat keras) dalam sistem komputer  adalah salah satu  komponen  yang secara fisik dapat dilihat, diraba ataupun dipindahkan, yang membentuk suatu  kesatuan  dan berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Contoh bagian dari Hardware yaitu: Keyboard, Mouse, CPU, Monitor, Printer, Harddisk, Flashdisk, Scanner, USB, dll.

·         SOFTWARE (perangkat keras)  dalam sistem komputer adalah suatu program yang berisi instruksi-instruksi yang dimengerti oleh komputer atau sekumpulan instruksi yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, dan memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistemnya.
Komputer harus dapat membaca dan memasukan program kedalam memori utamanya agar komputer dapat membaca, mengingat, membuat keputusan, dan menghasilkan informasi  dalam monitor ataupun cetakan. Program adalah instruksi dalam bahasa mesin yang dapat dibaca oleh komputer dan dirancang untuk tujuan tertentu.
Dengan adanya software kita dapat meminta pada komputer untuk; mengetik surat/dokumen, menggambar, dan mengeluarkan suara.
Contoh bagian dari Software yaitu, Sistem Microsoft Windows dan Linux, Microsoft Office, Bahasa Program Pascal dan visual basic, Adobe Photosop, dll

·         BRAINWARE atau USER adalah pemakai komputer yang mengoperasikan komputer (user).
User atau pengguna sangat memerlukan software sebagai alat bantu untuk mempermudah pekerjaan yang dilakukannya.

No comments:

Post a Comment